Selasa, 15 Januari 2013

Akhir Perjuangan Kuliah

02 Mei 2011..
Awal perjuanganku dimulai untuk mengerjakan sebuah proyek dari seorang dosen.
Disinilah awal dari Tugas akhirku pun mulai.
Dengan tekat kuat, didampingi oleh kedua sahabatku. (Sumirah dan Diny)
Dengan target 3 bulan selesai mengerjakan proyek.
Dengan sampel yang dikirim dari Padang, Sumatera Barat yaitu Asam Kandis.
Dimana akan diuji dengan antitifes dan antidiare.
Dalam kebersamaan kami mengerjakannya.

Dan, disini lah aku mengenal teman-teman seperjuangan dalam mengapai sebuai gelar S.Si.
Tujuan kami bukan karena gelar itu. Tapi, dengan visi "tak mengecewakan pembimbing"

Bersyukur memiliki pembimbing seperti beliau.
Ibu Dr. Muharni, M.Si, Ibu Dr. Elfita,M.Si dan Ibu Fitrya, M.Si., A.pt
3 dosen yang berperan penuh.

Tepat oktober 2011...
Sahabatku Mira, mendapat sebuah kristal putih yang sangat indah yang termasuk golongan Depsidon.
Dimana senyawa itu aktif terhadap antioksidan.
Bahagia yang dia rasakan saat itu.
Tersenyum aku melihat dia maju dalam seminar proposal.
Namun, aku tak bisa menyembuyikan rasa iri dan sedih.
Dimana saat itu, perjuanganku belum selesai.
Hari itu senyawa yang diperoleh baru dikirim ke LIPI.
Dengan, 2 senyawa yang dikirim itu.. 
Itu senyawa milik dari salah satu sahabatku Diny.
Dengan harapan senyawa-senyawa itu dapat terukur dengan baik.

Namun, sayang....
Dari 2 senyawa itu yang terukur hanya 1.
Karena, 1 senyawanya tak memiliki kandungan Carbon yang cukup banyak untuk melanjutkan ketahap 2 dimensi dan C-NMR.

Saat itu lah hati begitu hancur, bila ku ingat 2 kali melakukan pengoloman.
Semua kristal hilang dan tak terbentuk kristal.
Tapi, aku bahagia sahabatku selesai.

Dan, ternyata dosen pembimbingku tak putus asa.
Maka dari itu, tak ada alasan untukku untuk menyerah maupun bersedih hati.
Semangat yang selalu diberikan kepada ku disetiap tetes airmata.
Terimakasih untuk beliau.

Ntah, ada yang mengatakan banyak yang iri dengan kedekatanku terhadap beliau.
Tapi, aku tak pedulikan semua itu.
Karena, aku menjalani semua dengan apa adanya.

Dengan sampel baru Tumbuhan Tunjuk Langit yang aktivitasnya untuk antikanker.
Ya... itu lah sampel yang mengantarkan aku pada S.Si.

Tepat 31 Desember 2011..
Seminar proposal aku lakukan.

Dan, tepatnya 22 Mei 2012..
Seminar hasilpun dilaksanakan.
Bersyukur yang tak pernah putus aku ucapkan.
Perbaikan dari dosen pembahas mampu aku selesaikan dalam waktu 3 hari.
Tak pernah berhenti aku mengucapakan terimakasih untuk pembimbingku.

Dan, Jumat....27 juli 2012...
Dihari inilah sidangpun dilaksanakan.
Tepat pukul 11.00 WIB sampai 12.30 WIB.
Berada dalam ruang sidang.
Dimana aku pikir didalam ruang sidang itu akan terjadi pembantaian.
Hemmm..... ternyata tanpa rasa gugup aku menjawab pertanyaan yang di ajukan.
Wah,, tak sedikitpun rasa gugup yang aku rasakan didalam ruangan itu.
Dimana, sebelum masuk ruang sidang jantung berdegup kencang.

Keluar luar sidang,, dengan hasil yang sangat memuaskan.
Terimakasih semuanya.

My Family
My Dani
My sobat Airani dan Wita...
My Sahabat Mira dan Diny.
My uda Fadli dan My abang Ade
Sobat jauhku Intan
My sista Amanda dan sista Debora.
My kakak Handy, My abang Bastian dan My abang Roby.
Teman seperjuangan di Laboratorium Kimia Organik.
Dan Analis Labor Dasar Bersama.
Dan, kalian yang pernah hadirkan rasa suka duka itu. (Ranger red, pink dan hijau beserta abang E, alfa Ydan papa Y).....
Semuanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar